Pattimura Proceeding : Conference of Science and Technology
2021: Prosiding KNM XX

PERAN PENULISAN JURNAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Gusti Firda Khairunnisa (Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang, Indonesia)
Frida Siswiyanti (Jurusan Pendidikan Sastra dan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2022

Abstract

Kebijakan pemerintah untuk melangsungkan pembelajaran secara daring sebagai dampak dari pandemi Covid-19 mengakibatkan pendidik dan peserta didik perlu beradaptasi pada perubahan dengan cukup cepat. Hal ini memunculkan tantangan tersendiri dalam pem-belajaran Matematika. Salah satu tantangan untuk pendidik adalah memastikan setiap peserta didik memahami konsep matematis dan pendidik dapat memberikan feedback untuk kesulitan yang dialami peserta didik meskipun pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka. Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah melalui penugasan berupa penulisan jurnal matematika. Untuk mengeksplor fakta terkait penulisan jurnal pada pembelaja-ran Matematika, peneliti melakukan penelitian dengan metode Systematic Literature Review. Sebanyak 20 literatur terkait yang merupakan hasil penyaringan dari berbagai database, di-interpretasi dan dikaitkan dengan kondisi pembelajaran Matematika secara daring pada ma-sa pandemi untuk menghasilkan kajian tentang peran penulisan jurnal pada pembelajaran Matematika secara daring. Berdasarkan hasil review, peran penugasan penulisan jurnal ada-lah mampu mendukung pembelajaran matematika secara daring, yaitu meningkatkan pema-haman konsep matematis, sebagai alat refleksi diri peserta didik, mendorong peserta didik untuk mengekspresikan diri dengan bebas, perantara komunikasi antara pendidik dan peserta didik serta menjadikan peserta didik menjadi lebih terbuka dalam mengungkapkan pendapat dan pertanyaan.

Copyrights © 2022