Jurnal Algoritma
Vol 13 No 2 (2016): Jurnal Algoritma

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (STUDI KASUS MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL) SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN DI SEKOLAH LUAR BIASA

Egi Ramdani (Institut Teknologi Garut)
Dewi Tresnawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2016

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan mata pelajaran yang bersifat abstrak (tidak nyata) sehingga menimbulkan kesulitan bagi anak tunagrahita ringan dalam menyerap informasi yang terkandung dalam mata pelajaran IPS, oleh karena itu dipilih sebuah aplikasi media pembelajaran interaktif mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk mendukung proses pembelajaran bagi anak tunagrahita ringan dengan berbasis multimedia. Metodologi pengembangan sistem yang digunakan dalam pengembangan media pembelajaran interaktif ini menggunakan metodologi pengembangan multimedia Luther-Sutopo. Motodologi ini terdiri dari enam tahapan yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian dan distribusi. Pada penelitian ini tahapan dilaksanakan sampai distribusi. Hasil yang didapatkan berupa aplikasi media pembelajaran interaktif berbasis multimedia yang disesuaikan bagi anak tunagrahita ringan untuk membantu penyampaiaan informasi dalam pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran interaktif dapat mempermudah pengajar dalam menyampaikan materi yang bersifat abstrak, selain itu dengan adanya media video membuat anak semakin tertarik dengan media pebelajaran interaktif.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

algoritma

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Algoritma merupakan jurnal yang digunakan untuk mempublikasikan hasil penelitian dalam bidang Teknologi Informasi (TI), Sistem Informasi (SI), dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Multimedia (MM), dan Ilmu Komputer (Computer ...