Kronologi
Vol 3 No 1 (2021): Jurnal Kronologi

Penggunaan Microsoft Teams dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Bukittinggi

Muhammad Agung Wirza (Jurusan Sejarah FIS UNP)
Ofianto Ofianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kendala yang dirasakan guru dan siswa dalam pembelajaran daring dan penggunaan media pembelajaran daring yaitu Microsoft Teams dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk lihat bagaimana bentuk pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Bukittinggi menggunakan Microsoft Teams dan untuk mengetahui kendala yang dirasakan guru dan siswa selama melaksankan pembelajaran daring di SMA Negeri 1 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian Evaluatif dengan menggunakan metode Mix Methods. Penelitian menggunakan metode kuantitatif terlebih dahulu dengan memberikan angket kepada guru dan siswa, setelah mengolah hasil angket guru dan siswa diadakan wawancara sebagai instrumen penelitian kualitatif. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling dengan mempertimbangkan siswa sekolah yang homogen. Kelas yang diambil menjadi sampel adalah 3 kelas XII IPA yang belajar sejarah dan untuk guru dipilih 3 orang sebagai responden dalam pengisisan angket. Setelah melakukan penelitian kuantitatif dan kualitatif didapatkan hasil bahwa bentuk pelaksanaan pembelajaran daring dengan menggunakan Microsoft Teams di SMA Negeri 1 Bukittinggi oleh ketiga guru adalah pada tahap pertama yaitu persiapan pembelajaran, guru mempersiapkan bahan ajar, metode dan model pembelajaran. Pada tahap persiapan ini ketiga guru memperoleh persentase sebesar 72% termasuk kategori Baik, Pada tahap pelaksanaan, guru melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan Microsoft Teams, guru memanfaatkan fitur video conference yang ada dalam Microsoft Teams. Pelaksanaan pembelajaran dengan Microsoft Teams sudah dilaksanakan dengan baik oleh ketiga guru dengan memperoleh persentase sebesar 87% termasuk dalam kategori Sangat Baik. Pada tahap terakhir yaitu evaluasi pembelajaran, guru memberikan kesimpulan dan tugas kepada siswa melalui fitur assigment yang ada dalam Microsoft Teams. Rata-rata yang diperoleh pada tahap evaluasi adalah sebesar 79% termasuk kedalam kategori Baik. Lalu ditemukan kendala yang dirasakan oleh guru dan siswa yaitu terkendala karena Jaringan yang tidak stabil dan kendala kuota internet yang boros.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jk

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Kehadiran Jurnal Kronologi sebagai bagian penting dari usaha untuk mengembangkan pengetahuan. Selama ini banyak penelitian hanya tersimpan pada perpustakaan, berdebu dan lapuk serta hilang begitu saja. Lebih lebih hasil penelitian mahasiswa, disamping kuantitasnya yang banyak juga cukup variatif dan ...