Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2021): Agustus

Media Pembelajaran Monopoli Berbasis Karakter pada Anak Usia Dini

Anastasia Ade Cyntia (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
I Made Tegeh (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
Putu Rahayu Ujianti (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2021

Abstract

Banyak siswa yang mengalami penurunan nilai-nilai karakter. Penurunan nilai-nilai karakter disebabkan oleh kurangnya pendidikan karakter pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media pembelajaran monopoli pendidikan berbasis karakter (Mopeker) pada anak usia dini kelompok B. Jenis penelitian ini pengembangan (reseach and development (R&D)) menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang ahli yaitu 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan kuesioner. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Teknik yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dari ahli media adalah 4,12 yang berarti kriteri media baik dan ahli materi pembelajaran adalah 4,00 dengan kriteria baik. Maka, hasil penelitian menunjukkan bahwa media monopoli pendidikan karakter yang dikembangkan layak diterapkan dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini adalah media yang dikembangkan dapat membantu anak untuk membentuk karakter pada anak usia dini.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JMTP

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan (JMTP) is specifically publish journal articles in the field of innovation in education and teaching learning in the classroom especially learning at an early age level, primary education, to higher education. Therefore, the scope of JMTP includes: 1) ...