Agrita
Vol 2, No 2 (2020): December

PENGARUH KEPERCAYAAN DAN KOMITMEN TERHADAP KEPUASAN SUPPLIER BERAS DI PERUSAHAAN UMUM BADAN URUSAN LOGISTIK (Studi Kasus : Di Perum BULOG Kantor Cabang Cianjur)

Yola Nurkamil (Fakultas Sains Terapan, Universitas Suryakancana)
Asep Saepul Alam (Fakultas Sains Terapan, Universitas Suryakancana)
Siti Nursilah (Fakultas Sains Terapan, Universitas Suryakancana)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2020

Abstract

Beras merupakan komoditas pangan utama masyarakat Indonesia, Perum BULOG yang mempunyai tugas pokok mengelolaan persediaan, khususnya beras bermitra dengan petani, Gapoktan, dan pabrik beras sebagai supplier. Supplier memiliki peran yang sangat besar bagi Perum BULOG dalam proses pengadaan beras. Keberhasilan hubungan kerja sama antara perusahaan dan supplier dapat dilihat dari kinerja yang diukur dengan tingkat kepuasan melalui rasa saling percaya dan menjaga komitmen kerja sama. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh secara parsial kepercayaan dan komitmen terhadap kepuasan supplier,  dan untuk mengetahui pengaruh secara simultan kepercayaan dan komitmen terhadap kepuasan supplier di Perum BULOG. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dan pengisian kuesionerke 30 responden. Data sekunder diperoleh dari skripsi terdahulu, tesis, buku, dan internet. Metode analisis yang digunakan yaitu metode analisis deskripsif kuantitatif menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software IBM SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kepercayaan berpengaruh nyata secara parsial terhadap kepuasan supplier, karena memiliki nilai t hitung> t table yaitu sebesar 2,532 > 2,051, memiliki nilai signifikansi 0,017 < 0,05, (2) komitmen berpengaruh nyata secara parsial terhadap kepuasan supplier, karena memiliki nilai t hitung> t table yaitu sebesar 3,313 > 2,051, memiliki nilai signifikansi 0,003 < 0,05, (3) kepercayaan dan komitmen berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan supplier, karena memiliki nilai f hitung> f table yaitu  9.202 > 3,34 dengan tingkat signifikansi < 0,05 yaitu 0,001. Kepercayaan dan komitmen memiliki kontribusi sebesar 40,5% terhadap kepuasan supplier.

Copyrights © 2020