Agrita
Vol 3, No 2 (2021): December

STRATEGI PENGEMBANGAN AGROWISATA KAMPUNG BUDAYA PADI PANDANWANGI

Rosda Malia (Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana)
Yola Nurkamil (Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana)
Muhamad Fachri Ramadani (Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2021

Abstract

Salah satu jalan untuk menghubungkan potensi pariwisata dan pertanian adalah dengan mengembangkan agrowisata. Agrowisata merupakan suatu diversifikasi produk agribisnis yang menggabungkan konsep kepariwisataan bernuansa alam (ekowisata) dengan pertanian. Agrowisata tidak hanya merupakan usaha di bidang jasa yang menawarkan jasa pemenuhan kebutuhan konsumen terhadap pemandangan indah dan segar, tetapi juga dapat menjadi media promosi produk pertanian, memberikan sinyal bagi peluang pengembangan diversifikasi produk agribisnis, media pendidikan masyarakat, serta dapat menjadi andalan pada sektor pertanian dan pariwisata. Kabupaten Cianjur merupakan salah satu daerah tujuan wisata primadona di Jawa Barat dilihat dari kondisi geografisnya, Kampung Budaya Padi Pandanwangi  bagian dari wisata Cianjur yang populer, mampu menyajikan tema wisata alam dan wisata edukasi dalam satu kawasan. Kampung Budaya Padi Pandanwangi merupakan objek wisata Cianjur yang didominasi oleh area sawah sebagai sajian utamanya. Agrowisata Kampung Budaya Padi Pandanwangi menghadapi faktor eksternal yaitu alam, ekonomi, teknologi, regulasi atau politik, pesaing dan pasar. Faktor eksternal adalah udara yang sejuk dan pemandangan yang indah yang ada di Agrowisata Kampung Budaya Padi Pandanwangi. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan Agrowisata Kampung Budaya padi pandanwangi. (2) Untuk mengetahui strategi pengembangan Agrowisata Kampung Budaya Padi Pandanwangi. Penelitian dilakukan di Agrowisata Kampung Budaya Padi Pandanwangi, dilakukan pada Bulan Juli sampai September 2021. Penelitian ini menggunakan analisis : deskripsi, SWOT. Hasil penelitian Strategi Pengembangan Agrowisata Kampung Budaya Padi Pandanwangi memiliki 11 kekuatan, 7 kelemahan, 7 peluang dan 4 ancaman. Adapun hasil SWOT terdapat sembilan alternatif strategi pengembangan yang dapat dijalankan oleh Pihak Agrowisata Kampung Budaya Pandanwangi di Kabupaten Cianjur.

Copyrights © 2021