Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains
Vol 19, No 2 (2012): Vol. 19, No. 2, Desember 2012

PROFIL KOMPETENSI SISWA MENYELESAIKAN TES BERFIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SMPN 3 NGLEGOK BLITAR

NURIL MAULIDA FAUZIAH, AN (Unknown)
SUBEKTI, HASAN (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Feb 2015

Abstract

Sains adalah studi sistematik tentang alam dan bagaimana alam itu mempengaruhi kehidupan dan lingkungan kita. Mengacu Permendiknas, Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL) untuk satuan pendidikan dasar dan menengah digunakan sebagai pedoman penilaian dalam menentukan kelulusan peserta didik. Sebagian SKL yang secara eksplisit berkait dengan kemampuan berfikir peserta didik untuk seluruh jenjang pendidikan dasar dan menengah adalah menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif dan menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu perlunya siswa dibiasakan dengan tes berfikir tingkat tinggi dalam Pembelajaran Sains yang untuk mengasah kemampuan siswa pada jenjang SMP. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B  SMPN 3 Nglegok Blitar sebanyak 15 orang. Instumen penelitian ini berupa tes terkait solving problems and investigating the natural world dikembangkan oleh Tim USAID pada Tahun 2012. Simpulan dari penelitian ini, yaitu: Kompetensi Siswa Menyelesaikan Tes Berfikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Sains di SMPN 3 Nglegok Blitar berkategori kurang (retata skor klasikal 55,3). Hal ini berdasarkan analisis data menunjukkan 1 siswa (6.7%) berkategori sangat baik; 0 siswa (0.0%) berkategori baik (b); 3 siswa  (26.7 %) berkategori cukup; 4 siswa (26.7 %) berkategori kurang; dan 6 (40.0 %) berkategori sangat kurang (e). Namun demikian, keterampilan siswa untuk menyelesaikan Tes Berfikir Tingkat Tinggi berpotensi besar dapat dicapai siswa. Hal ini terbukti ada siswa yang mampu mencapai skor 93 (sangat baik). Kata Kunci: tes, solving problems, berfikir tingkat tinggi, sains Science is the systematic study of nature and how it affects the life of nature and our environment. Reference number 23 Permendiknas 2006 standard of Competency graduates (SKL) to units of primary and secondary education is used as a guide in determining graduation assessment of learners. Some SKL explicitly relates to the ability of learners to think the whole level of primary and secondary education is showing the ability of logical thinking, critical, creative, and innovative and demonstrates the ability to analyze and solve problems in daily life. To that end the need for students familiarized with test higher-order thinking in the Learning of science to hone students ability in the secondary. The subject of this research is grade VII-B  Junior High School 3 Nglegok Blitar as much as 15 people. This research instrument in the form of tests related to solving problems and investigating the natural world developed by the USAID Team in 2012. Summary of the research Competences, namely: Students complete the test high level Thinking in Science Learning at the Junior High School 3 Nglegok Blitar categories less (rate score of classical 55,3). It is based on an analysis of data showed 1 student (6.7%) categories are very good; 0 (0.0%) students are categorized well (b); 3 students (26.7%) categories enough; 4 students (26.7%) categories were less; and 6 (40.0%) categories are less (e). However, the skills of the students to complete the test potentially high levels of Thinking big is a student. It is evident there are students who are able to achieve a score of 93 (very good).  Key words: test, solving problems, thinking high level science  

Copyrights © 2012