Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen
Vol. 7 No. 1 (2022): Edisi Februari 2022

MEDIA SOSIAL SEBAGAI ALAT PEMASARAN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG

Exsel Kristianto Sutrisno (Universitas Kristen Maranatha)
Ariesya Aprillia (Universitas Kristen Maranatha)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Berkembangnya teknologi informasi menuntut kita untuk terus mengikuti, di samping itu perlu adanya penunjang bagi kita seperti smartphone yang mana terjadi juga peningkatan pengguna internet di kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media sosial sebagai alat pemasaran terhadap keputusan pembelian. Objek penelitian ini yaitu Mahasiswa Program Studi S-1 Manajemen Universitas Kristen Maranatha. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan penelitian survei dengan melakukan penyebaran kuesioner secara online dengan penggunaan skala Likert. Untuk analisis instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas, adanya uji asumsi klasik seperti uji normalitas dan heteroskedastisitas. Kemudian teknik analisis data menggunakan uji analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi (R2). Untuk pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh media sosial sebagai alat pemasaran terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung. Kata Kunci: pemasaran media sosial; keputusan pembelian; smartphone

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

EG

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The Ecoment is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of research on business and management. The Ecoment invites manuscripts in the areas of finance, international business, management strategy, marketing, economics, risk, accounting, and insurance. The Ecoment ...