cover
Contact Name
Terttiaavini Terttiaavini
Contact Email
lppm@uigm.ac.id
Phone
+6285377238800
Journal Mail Official
avini.saputra@uigm.ac.id
Editorial Address
Jl. Jend. Sudirman no 629 KM 4 palembang
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Ecoment Global: Kajian Bisnis dan Manajemen
ISSN : "2540816     EISSN : 26856204     DOI : -
Core Subject : Economy,
The Ecoment is intended to be the journal for publishing articles reporting the results of research on business and management. The Ecoment invites manuscripts in the areas of finance, international business, management strategy, marketing, economics, risk, accounting, and insurance. The Ecoment accepts articles in any business-related subjects and any research methodology that meet the standards established for publication in the journal. The primary, but not exclusive, audiences are academicians, graduate students, practitioners, and others interested in business and management research.
Articles 139 Documents
Profesionalitas dan Pengawasan Dalam Mempengaruhi Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Musi Banyuasin Hosidin Hosidin
Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis dan Manajemen Vol 4, No 1
Publisher : Universitas Indo Global Mandiri Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (813.299 KB) | DOI: 10.35908/jeg.v4i1.571

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalitas dan pengawasan terhadap kinerja pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Musi Banyuasin. Rumusan masalah bagaimana profesionalitas dan pengawasan mempengaruhi kinerja pegawai? Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dari jawaban 73 responden. Metode penarikan sampel pada penelitian ini adalah Non probability sampling dengan tipe sampling jenuh. Model analisis yang digunakan regresi linear berganda dan melalui pengujian instrumen validitas dan reliabilitas.Hasil pengujian regresi linear berganda untuk uji F menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan profesionalitas dan pengawasan terhadap kinerja sebesar 0,002. Variabel profesionalitas berpengaruh signifikan terhadap kinerja sebesar 0,032 dan pengawasan juga berpengaruh signifikan sebesar 0,027 terhadap kinerja pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Musi Banyuasin. Adanya kesesuaian teori antar variabel dalam penelitian ini dan mendukung penelitian terdahulu. Peningkatan dan penurunan profesionalitas dan pengawasan terhadap kinerja pegawai.Kata kunci: profesionalitas, pengawasan, kinerja.
ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT SUNGAI LILIN KABUPATEN MUSI BANYUASIN Usailan Oemar
Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis dan Manajemen Vol 2, No 1
Publisher : Universitas Indo Global Mandiri Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (452.511 KB) | DOI: 10.35908/jeg.v2i1.212

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan di Puskesmas Sungai Lilin Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin yang diukur dengan 14 indikator Indeks Kepuasan Masyarakat mengacu pada KepMen PAN No: KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Penyusunan IKM Unit Pelayanan Instansi Pemerintah termasuk BUMN/BUMD. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 140 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang dilakukan melaui wawancara dan penyebaran kuesioner. Metode analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat.Hasil analisis Indeks Kepuasan Masyarakat, Nilai Indeks yang diperoleh sebesar 2,73 dan Nilai IKM sebesar 68,25. Hal ini berarti bahwa mutu/kualitas yang dilakukan oleh Puskesmas Sungai Lilin termasuk kategori B, sehingga kinerja pelayanannya dapat dikatakan baik. Dilihat dari nilai per unsur pelayanan, prosedur pelayanan merupakan unsur dengan indeks tertinggi dengan nilai IKM sebesar 78,5 berada pada tingkat mutu baik, dan kategori kinerja baik,  sedangkan unsur dengan indeks terendah yaitu unsur kepastian jadwal pelayanan dengan nilai IKM sebesar 47,75  berada pada tingkat mutu baik, dan kategori kinerja baik.Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Puskesmas Sungai Lilin yang diukur dengan indikator indeks kepuasan masyarakat telah dilaksanakan dengan baik. Kata Kunci   :  Indeks Kepuasan Masyarakat, Pelayanan
PENGARUH PROMOSI DAN KEPERCAYAAN NASABAH TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN LAYANAN DIGITAL DI BANK SUMSEL BABEL CABANG PRABUMULIH Laidi Subardi
Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis dan Manajemen Vol 3, No 2
Publisher : Universitas Indo Global Mandiri Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.038 KB) | DOI: 10.35908/jeg.v3i2.475

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui”Pengaruh Promosi dan Kepercayaan Nasabah, terhadap Keputusan Penggunaan Layanan Digital oleh Nasabah Bank SUMSEBABEL Cabang Prabumulih.  Desain penelitian ini  menggunakan kuesioner  yang sebelumnya dilakukan uji validitas,  yang diisi oleh 100 responden.  Terdapat pengaruh yang positif promosi (X1) dan kepercayaan nasabah (X2) secara bersama-sama maupun parsial terhadap keputusan penggunaan layanan digital (Y).Persamaan regresi menghasilakn  Y = 1,055 + 0,373X1 + 0,320X2+e. Intepretasi persamaan tersebut, nilai konstanta sebesar 1,055 menunjukkan bahwa jika Promosi (X1), dan Kepercayaan Nasabah (X2) dianggap tidak ada (nol) maka Keputusan Penggunaan Layanan Digital (Y) sebesar 1,055. Promosi (X1) sebesar 0,373 berslope positif, hal ini menyatakan bahwa jika Promosi (X1) mengalami kenaikan sebesar 1 satuan, maka Keputusan Penggunaan Layanan Digital (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,373 atau dapat juga dikatakan bahwa semakin tinggi Promosi yang dilakukan oleh Bank SUMSELBABEL, maka akan mampu meningkatkan Keputusan Penggunaan Layanan Digital atas produk yang ditawarkan. Kepercayaan nasabah (X2) sebesar 0,320 berslope positif, hal ini menyatakan bahwa jika Kepercayaan Nasabah (X2) mengalami kenaikan sebesar 1 satuan, maka Keputusan Penggunaan Layanan Digital (Y) akan mengalami peningkatan sebesar 0,320 atau dapat juga dikatakan bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan nasabah atas suatu produk maka akan meningkatkan keputusan Penggunaan Layanan Digital atas produk yang ditawarkan oleh bank tersebut.Penelitian ini menyimpulkan bahwa bahwa ada hubungan secara signifikan antara Variabel Bebas yaitu Promosi (X1) dan Kepercayaan Nasabah  (X2), terhadap Variabel Terikat yaitu Keputusan Penggunaan Layanan Digital (Y) oleh Nasabah Bank SUMSEBABEL Cabang Prabumulih. Kata Kunci: Promosi, Kepercayaan Nasabah dan  Keputusan Penggunaan Layanan Digital.
PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA CV PATAKARAN PALEMBANG Erdiansyah Erdiansyah
Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis dan Manajemen Vol 1, No 1
Publisher : Universitas Indo Global Mandiri Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (537.109 KB) | DOI: 10.35908/jeg.v1i1.88

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh disiplin terhadap kinerja karyawan pada cv patakaran Palembang, mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada cv patakaran Palembang, mengetahui pengaruh disiplin dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada cv patakaran Palembang.Ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara disiplin (X1) dan motivasi kerja (X2) terhadap kinerja karyawan (Y).  dari analisis regresi linier berganda, diperoleh nilai persamaan Y = 17,123 + 0,018X1 + 0,591X2 menjelaskan (a = 17,123) kinerja karyawan, jika tanpa adanya disiplin dan motivasi kerja (X1 dan X2 = 0), maka kinerja (Y) hanya 17,123. (b1 = 0,018, b2 = 0,591). Koefisien regresi berganda sebesar b1 = 0,018, b2 0,591 mengindikasikan besaran pertambahan tingkat kinerja karyawan (Y) untuk setiap pertambahan disiplin (X1) dan motivasi kerja (X2).Dari analisis koefisien korelasi berganda menjelaskan nilai korelasi (R) sebesar 0,641a. Nilai ini menunjukkan hubungan yang kuat antara variabel disiplin (X1) dan motivasi kerja (X2) terhadap kinerja karyawan (Y). Maksud kuat disini adalah terjadi hubungan yang searah antara variabel disiplin (X1) dan motivasi kerja (X2) terhadap kinerja karyawan (Y) yang artinya bila nilai disiplin (X1) dan motivasi kerja (X2) naik, maka tingkat kinerja karyawan (Y) akan naik.Dari analisis koefisien determinasi menjelaskan nilai kontribusi (R Square) sebesar 0,410 yang artinya disiplin (X1) dan motivasi kerja (X2) memberikan sumbangan atau kontribusi yaitu sebesar 41% terhadap kinerja karyawan (Y) pada CV PATAKARAN Palembang. Sedangkan sisanya 59% disumbangkan atau dikontribusikan oleh variabel lain yang tidak diteliti.Dari hasil perhitungan uji F menjelaskan nilai Fhitung sebesar 9,743 dengan nilai Ftabel  sebesar 1,88, maka nilai Fhitung = 9,743 ˃ Ftabel  1,88. Nilai signifikansi sebesar 0,001b  dan nilai α sebesar 0,05, maka nilai signifikansi = 0,001b < α = 0,05. H03 di tolak dan Ha3 diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara disiplin (X1) dan motivasi kerja (X2) terhadap kinerja karyawan (Y) pada CV PATAKARAN Palembang dan Ha ditolak. Kata Kunci : Disiplin, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan
PENGARUH KEPEMIMPINAN MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA CV. ARWANA MAS PALEMBANG. Ahmad Adi Arifai
Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis dan Manajemen Vol 3, No 1
Publisher : Universitas Indo Global Mandiri Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (509.998 KB) | DOI: 10.35908/jeg.v3i1.354

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan pada CV. Arwana Mas Palembang. Dengan masalah adalah adakah pengaruh kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan di CV. Arwana Mas Palembang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 41 orang, dengan menggunakan tenik simple random sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metodepengumpulan data melalui kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis menggunakan regresi liniear berganda, uji F (simultan), uji t (parsial). Hasil pengujian yang telah dilakukan dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan regresi linier berganda yang didapatY= 6,601 + 0,797X₁ + 0,210X ₂ + 0,319X₃untuk uji F didapat Fhitung(26,270) ≥ Ftabel (2,86), artinya ada pengaruh kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan di CV. Arwana Mas Palembang. Untuk uji t variabel kepemimpinan (X1) diperolehthitung(6,708) ≥ ttabel(2,022),artinya kepemimpinan secara parsial berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Uji t variable motivasi (X2) diperoleh thitung (2,235) ≥ ttabel(2,022), artinya motivasi secara parsial berpengaruh terhadap kinerja karyawan.Uji t variable disiplin (X3) diperoleh thitung (2,838) ≥ ttabel (2,022), artinya disiplin secara parsial berpengaruh terhadap kinerja karyawanKata Kunci: Kepemimpinan, Motivasi, Disiplin Kerja dan Kinerja Karyawan.
MODEL TRANSAKSI “KENCENG JRENG” DAN MODEL “SAUR GOWO” PADA JUAL BELI SAYURAN DI KABUPATEN BLITAR Nurika Mauliyah; Endah Masrunik; Arif Wahyudi
Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis dan Manajemen Vol 2, No 2
Publisher : Universitas Indo Global Mandiri Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.164 KB) | DOI: 10.35908/jeg.v2i2.247

Abstract

Transaksi jual beli merupakan salah satu bentuk perilaku sosial yang saling menguntungkan antara penjual dan pembeli. Transaksi ini tidak terlepas dalam kehidupan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana model transaksi jual beli sayuran di Kabupaten Blitar.Hal ini merupakan bagian dari strategi penjualan antara penjual dan pembeli khususnya untuk penjual dalam jumlah besar (pengepul). Pedekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi berdasarkan pengalaman pedangang sayuran di pasar tradisional di Kabupaten Blitar pada tahun 2017 saat penelitian berlangsung. Hasil penelitian ini menghasikan bentuk atau model sistem pembayaran Transaksi“Kenceng Jreng” dan Model “Saur Gowo”. Model ini memiliki kekhasan tersendiri dalam transaksi dipasar tradisional dengan asas kepercayaan antara penjual dan pembeli (pengeber).
PENGARUH JUMLAH TEMUAN AUDIT TERHADAP OPINI AUDIT KABUPATEN/KOTA SE-SUMATERA Muhammad Ichsan Siregar; Jumadi Rudiansyah
Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis dan Manajemen Vol 4, No 1
Publisher : Universitas Indo Global Mandiri Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.996 KB) | DOI: 10.35908/jeg.v4i1.576

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah temuan audit terhadap opini BPK pada pemerintah kabupaten/kota di Sumatera. Temuan audit yang diduga sangat mempengaruhi opini BPK menjadi variabel bebas pada penelitian ini yaitu temuan atas pemeriksaan SPI dan temuan atas pemeriksaan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan hasil pemeriksaan BPK atas LKPD kabupaten/kota. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemerintah daerah kabupaten dan kota se-Indonesia. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, yaitu teknik sampling yang anggota sampelnya dipilih secara khusus berdasarkan kriteria tertentu untuk tujuan penelitian. Kriteria yang digunakan dalam penentuan sampel adalah kabupaten dan kota di sumatera yang menyajikan laporan keuangan tahun 2015, yang telah mendapat laporan hasil pemeriksaan dari BPK. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa jumlah temuan atas pemeriksaan SPI dan jumlah temuan atas pemeriksaan kepatuhan secara parsial berpengaruh terhadap opini audit Badan Pemeriksa Keuangan.Kata Kunci: opini, jumlah temuan pemeriksaan SPI, jumlah temuan atas pemeriksaan kepatuhan
MENINGKATKAN MOTIVASI BERAFILIASI PEGAWAI SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN SE SUMATERA SELATAN Fakhry Zamzam; Chandra Satria; Jefirtson R Riwu Kore
Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis dan Manajemen Vol 3, No 2
Publisher : Universitas Indo Global Mandiri Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (411.546 KB) | DOI: 10.35908/jeg.v3i2.480

Abstract

Penelitian dimaksudkan untuk mengetahui hasil analisis bagaimana pengaruh iklim kerja, karier terhadap motivasi berafiliasi pegawai Sekretariat DPRD (setwan)Kabupaten se Sumatera Selatan.Peneliti tertarik melakukan kajian karena kedudukan strategis lembaga sekwan yang berada di bawah Kepala Daerah namun operasionalisasinyaoleh Pimpinan DPRD, sehingga berimplikasi langsung terhadap pengembangan karier pegawai.Populasi sebanyak 204 pegawai di lingkungan setwanKabupatense Sumatera Selatan,132menjadi sampel secara acak, menggunakan model Krejcie Dan Morgan. Pengumpulan data dengan teknik kuesioner, sebelum kuesioner disebar telah diuji validisi dan realibiliti, kemudian data diolah menggunakan tools SEM-Amos.Sebelum analisis data dilakukan uji asumsi klasik berupauji normalitas dan uji  linearitas. Melalui confirmatory faktor analysis second order dan analisis kesesuaian model  mendapatkanfit overall model.Hasil analisis bahwa iklim kerja berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi berafiliasidengan probiliti 0.049<0.05dan  CR 2.807>1.96; karier  berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi berafiliasi  dengan signifikansi 0.037<0.05 dan CR 2.085>196; dan iklim organisasi dan karier secara simultan berpengaruh terhadap motivasi berafiliasi dengan determinasi 0.372.Kesimpulan bahwa iklim kerja pada setwan berpengaruh terhadap motivasi berafiliasi, dan pengembangan karier berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasiberafiliasi, dan secara simultan iklim kerja dan karier berpengaruh terhadap motivasi berafiliasi .Rekomendasi penelitian dalam rangka pengembangan karier pegawai sekwan perlu disusun sistem pengembangan karier pegawai monoloyalitas, sebagai “pegawai legislasi” dengan jenjang karier mulai dari setwan kabupaten/kota, provinsi sampai karier puncak pada Setjen DPR,DPD dan MPR. Kata kunci : iklim kerja, karier dan motivasi berafiliasi
LOCUS OF CONTROL (LoC), BUDAYA PATERNALISTIK, DAN QUALITY OF WORK LIFE TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI KABUPATEN MUSI BANYUASIN Omar Hendro; Dian Marthin
Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis dan Manajemen Vol 1, No 2
Publisher : Universitas Indo Global Mandiri Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.113 KB) | DOI: 10.35908/jeg.v1i2.203

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Locus of Control (LoC), Budaya Paternalistik, dan Quality of Work Life Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Musi Banyuasin. Dengan tujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh Locus of Control, Budaya Paternalistik, dan Quality of Work Life terhadap kinerja pegawai di Kabupaten Musi Banyuasin. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa; 1). Secara parsial, didapatkan hasil bahwa: a). Ada pengaruh yang signifikan Locus of Control terhadap Kinerja PNS pada Kabupaten Musi Banyuasin (SKPD Bidang Administrasi Umum), b). Ada pengaruh yang signifikan Budaya Paternalistik terhadap Kinerja PNS pada Kabupaten Musi Banyuasin (SKPD Bidang Administrasi Umum), c). Ada pengaruh yang signifikan Quality of Work Life terhadap Kinerja PNS pada Kabupaten Musi Banyuasin (SKPD Bidang Administrasi Umum). 2). Secara simultan, didapatkan hasil bahwa ada pengaruh yang signifikan Locus of Control, Budaya Paternalistik, dan Quality of Work Life terhadap Kinerja PNS pada Kabupaten Musi Banyuasin (SKPD Bidang Administrasi Umum).Kata Kunci; Locus of Control (LoC), Pegawai Negeri Sipil
STRATEGI PENENTUAN HARGA JUAL SAYURAN PADA PEDAGANG PASAR TRADISIONAL (Studi Fenomenologi Pedagang Sayur Di Blitar) Nur Ika Mauliyah; Eny Aslichatul Kirom
Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis dan Manajemen Vol 3, No 1
Publisher : Universitas Indo Global Mandiri Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.6 KB) | DOI: 10.35908/jeg.v3i1.359

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2017 pada pedagang sayur di Blitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana para pedagang menentukan harga jual sayuran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Fenomenologi beranjak dari kebenaran fenomena, tampak seperti apa adanya. Fenomenologi menceritakan sesuai dengan apa yang ada dan terjadi pada obyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pedagang sayur menentukan harga jual dengan menggunakan dua metode, yaitu metode tekem dan metode timbang. Dalam menentukan laba, para pedagang mengambil laba pada setiap kilo sayuran. Mulai dari Rp. 1.000/Kg sampai dengan Rp. 2.000/Kg yang menggunakan metode timbang. Sedangkan untuk sayuran yang menggunakan metode tekem, mulai dari Rp. 400/ikat sampai dengan Rp. 1.500/ikat. Kata Kunci : Harga Jual, Pedagang, Sayuran

Page 1 of 14 | Total Record : 139