Journal Ta'lim of Journal STKIP Aisyiyah Riau
Vol 1 No 1 (2013): TA'LIM JOURNAL VOL.I NO.2 DECEMBER 2012

HUBUNGAN KOMPETENSI GURU TERHADAP PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR DI RA KECAMATAN TAMPAN PEKANBARU

Rahmah Rahmah (Unknown)
Roza Yuliawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2017

Abstract

Kompetensi merupakan karakteristik mendasar seseorang yang berhubungan timbal balik dengan suatu kriteria efektif dan atau kecakapan terbaik seseorang dalam pekerjaan. Pengelolaan lingkungan belajar adalah kegiatan guru yang berhubungan dengan pengaturan siswa, alat, ruang, dan waktu dimana proses belajar berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi guru terhadap pengelolaaan lingkungan belajar di RA Kecamatan Tampan Pekanbaru. Adapun tempat penelitian di RA Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru dan waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari sampai April 2016. Penelitian ini menggunakan metode korelasi. Populasi dan sampel penelitian yang diteliti adalah guru RA yang belum Sertifikasi di Kecamatan Tampan Kota Pekanbarusebanyak 44 orang. Untuk memperoleh data penelitian ini digunakan angket. Teknik menganalisa data penelitian menggunakan rumus r Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan kompetensi guru terhadap pengelolaan lingkungan belajar di RA Kecamatan Tampan Pekanbaru. Ini berarti bahwa kompetensi yang dimiliki guru benar-benar mempengaruhi pengelolaan lingkungan belajar, dengan kata lain semakin baik pengelolaan lingkungan belajar di RA Kecamatan Tampan Pekanbaru. Hal ini dapat diketahui dari nilai F hitung 26,535 > F tabel 4,06.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

talim

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The talim Journal of Education and Teacher Training was published for the first time in the form of an E-Journal in June 2013 with issn 2302-5727 (printed) and e issn in the administration period. Journals are collected from lecturers from both inside and outside the Study Program of Education and ...