Latar belakang: Transisi pola penyakit yang awalnya didominasi oleh penyakit menular, saat ini telah berubah ke Penyakit Tidak Menular (PTM). Salah satu penyakit tidak menular yang saat ini menjadi prioritas kesehatan secara global adalah hipertensi. Berdasarkan daftar 10 Penyakit Terbesar Di Puskesmas Kedungmundu pada tahun 2020, hipertensi menduduki urutan pertama dengan jumlah 8284 penderita (23,26%). Tingginya kasus hipertensi dapat memberi risiko berlanjut bagi penduduk di wilayah tersebut. Tujuan: meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai hipertensi, penyebab, faktor risiko, dan berbagai upaya untuk menagani dan mencegah. Metode: penyuluhan, KIE Hipertensi dengan Media Video Senam Hipertensi, media brosur, dan media leaflet. Hasil: Rata-rata pengetahuan tentang hipertensi sebelum penyuluhan sebesar 87,78, sesudah penyuluhan sebesar 97,78, Hasil uji Wilcoxon diperoleh nilai p sebesar 0,038. Materi berupa video, brosur, dan leaflet dapat diterima masyarakat dengan baik. Kesimpulan: Penyuluhan dapat meningkatkan skor pengetahuan masyarakat tentang hipertensi. Kata kunci: media cetak, media digital, edukasi, hipertensi, pandemi _____________________________________________________________________________________ Abstract Introduction: The transition of disease patterns, which were initially dominated by infectious diseases, has now changed to Non-Communicable Diseases (NCD). One of the non-communicable diseases that is currently a global health priority is hypertension. Based on the list of the 10 Biggest Diseases at the Kedungmundu Health Center in 2020, hypertension ranks first with 8284 patients (23.26%). The high incidence of hypertension can pose a continuing risk to residents in the region. Objective: to increase public knowledge about hypertension, its causes, risk factors, and various efforts to treat and prevent it. Methods: counseling, KIE Hypertension with Hypertension Gymnastics Video Media, brochure media, and leaflet media. Results: The average knowledge about hypertension before counseling was 87.78, after counseling was 97.78, and the Wilcoxon test results obtained a p-value of 0.038. The materials in the form of videos, brochures, and leaflets were well received by the public. Conclusion: Counseling can increase people's knowledge scores about hypertension. Keywords: print media, digital media, education, hypertension, pandemic
Copyrights © 2022