Journal of Social Interactions and Humanities (JSIH)
Vol. 1 No. 1 (2022): March 2022

Efektivitas Manajemen Pembelajaran Melalui Perancangan E-Modul pada Sekolah Menegah Kejuruan

Muhammad Hashemi Maulida (Universitas Malikussaleh)
Siraj (Universitas Malikussaleh)
Taufiq (Universitas Malikussaleh)
Sayni Nasrah (Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
29 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran berupa e-modul sistem rem hidrolik sepeda motor di SMK Negeri 7 Lhokseumawe yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran, penelitian ini mengadopsi metode research and development dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru dan objek penelitian berupa e-modul sistem rem hidrolik sepeda motor. Tahap penelitian mengadopsi metode R&D Borg and Gall meliputi (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) pembuatan produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan angket yang dianalisis secara deskriptif. Hasil rancangan berupa e-modul sistem rem hidrolik sepeda motor, dengan persentase kelayakan oleh ahli materi I dan II mencapai 89,47% dengan kategori sangat valid, dari ahli media I dan 2 mencapai 82,77% dengan kategori valid.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jsih

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Journal of Social Interactions and Humanities (JSIH) is an international forum for researchers, academics and practitioners for disseminating high quality of research, review articles in the field of social and humanity sciences. All research articles submitted to Journal of Social Interactions and ...