Abstrak. Program kemitraan masyarakat yang dilakukan bersama Kelompok Kerja Guru (KKG) SD Kabupaten Bantaeng ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran yang mengintegrasikan bidang-bidang sains, teknologi, keteknikan, dan matematika (STEM). Kegiatan ini dikemas dalam bentuk pelatihan yang memuat empat agenda utama, yakni: 1) pengenalan pembelajaran STEM, 2) pengenalan pola implementasi pembelajaran STEM, 3) simulasi pembelajaran STEM, 4) diskusi terkait pembelajaran STEM, dan 5) evaluasi pelaksanaan kegiatan. Kegiatan pelatihan diikuti oleh 12 orang guru perwakilan gugus KKG. Pelatihan dilaksanakan secara luring terbatas dan daring, dimana penyampaian materi dilakukan melalui aplikasi video konferensi zoom, simulasi dilakukan secara luring, sementara brainstorming dan evaluasi dilakukan secara blended. Berdasarkan pengamatan selama kegiatan dan hasil evaluasi oleh mitra, disimpulkan bahwa kegiatan yang dilakukan berhasil memotivasi dan menambah wawasan serta keterampilan guru mitra dalam mengelola kelas berbasis STEM. Secara umum, mitra merasa sangat puas dengan program pelatihan yang dilakukan, kecuali pada aspek durasi waktu yang dinilai sangat minim untuk melakukan simulasi pembelajaran. Hal ini menjadi catatan untuk pelaksanaan kegiatan serupa di masa yang akan datang. Kata kunci: pembelajaran STEM, pengembangan profesionalisme guru, STEM dengan alat sederhana
Copyrights © 2021