Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol. 6 No. 2 (2022): Juli

Rancangan Model CIPP Berbasis WP Untuk Mengevaluasi Keefektifan Pembelajaran Online

Dewa Gede Hendra Divayana ([SCOPUS ID: 57194336662] Universitas Pendidikan Ganesha)
Agus Adiarta (Universitas Pendidikan Ganesha)
Nyoman Santiyadnya (Universitas Pendidikan Ganesha)
P. Wayan Arta Suyasa (Universitas Pendidikan Ganesha)
Made Susi Lissia Andayani (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2022

Abstract

Keefektifan pembelajaran online pada sekolah tinggi ilmu kesehatan sangat mempengaruhi kualitas proses dan output pembelajaran yang dihasilkan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menterjadikannya adalah melalui suatu kegiatan evaluasi dengan menggunakan model evaluasi yang tepat. Salah satu bentuk inovasi yang dihadirkan adalah model evaluasi CIPP. Tujuan penelitian ini adalah menunjukkan kualitas rancangan model CIPP berbasis WP yang digunakan sebagai landasan dalam melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran online pada sekolah tinggi ilmu kesehatan. Pengembangan model evaluasi mengacu pada desain Borg&Gall yang fokus pada tahapan desain. Alat pengumpulan data penelitian berupa angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas rancangan model evaluasi CIPP berbasis WP sudah terkategori baik dan siap digunakan sebagai landasan dalam melakukan kegiatan evaluasi pada sekolah tinggi ilmu kesehatan. Temuan penelitian ini adalah adanya model evaluasi pendidikan yang terintegrasi dengan metode pendukung keputusan. Implikasi dari penelitian ini bagi bidang evaluasi pendidikan adalah memudahkan para evaluator dalam menentukan aspek prioritas penunjang efektivitas pembelajaran online di perguruan tinggi ilmu kesehatan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...