Pendas mahakam : jurnal pendidikan dan pembelajaran Sekolah Dasar
Vol. 7 No. 1 (2022): June

KOMPETENSI PEDAGOGI GURU KELAS II DI SDN 020 SAMARINDA UTARA TAHUN PEMBELAJARAN 2021/2022

Nur Agus Salim (Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda)
Hani Subakti (Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda)
Abdul Rohman (Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda)
Natalia Gita Intan Trinovia (Universitas Widya Gama Mahakan Samarinda)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan mengajar guru dalam menyampaikan materi dan mentransfer ilmu pengetahuan pada siswa di SD Negeri 020 Samarinda Utara tahun pembelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif, metode yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam triangulasi ini adalah triangulasi sumber untuk menguji keabsahan data yang dilakukan dengan cara mengecek data yang akan diperoleh melalui tiga sumber. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti di kelas II SDN 020 Samarinda Utara, terdapat kendala dan keterbatasan dalam keterampilan mengajar guru di kelas, adalah seperti guru kurang memahami metode pegajaran, kurang memahami materi pada pembelajaran tematik, dan kurang pemahaman dalam menyampaikan materi. Hal ini yang menyebabkan adanya kendala dalam keterampilan mengajar guru di kelas, sehingga membuat proses pembelajaran berjalan kurang maksimal. Keterampilan mengajar guru merupakan kunci utama keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran, oleh sebab itu keterampilan mengajar bagi guru perlu untuk dikembangkan lebih baik lagi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendasmahakam

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Topics of Pendas Mahakam Journal related to aspects of education, especially elementary education, it was related to the Educational Management in Primary Schools, Learning Strategy, Learning Method, Learning Model as well as aspects related to education in general. Determination of the article ...