Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 8 No. 2 (2022): Pendidikan dan Studi Islam

Kebijakan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Kurikulum dan Pendekatan Humanistik di Era Digital

Fahmi Khumaini (Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri)
Farida Isroani (Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Indonesia)
Roudlotun Ni’mah (Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Indonesia)
Ifa Khoiria Ningrum (Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro)
Hamam Thohari (Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kebijakan kurikulum pendidikan Islam berdasarkan pendekatan kurikulum dan humanistik yang terjadi pada era digital sekarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa tujuan pendidikan Islam jika ditelaah secara kritis adalah berusaha untuk menciptakan kebahagiaan di dunia dan di akhirat, melayani kebutuhan umat Islam, menjaga keutuhan umat Islam dan menanamkan moralitas dan sebagainya. Jelas bahwa rumusan tujuan pendidikan Islam masih bersifat umum dan tidak sesuai dengan realitas masyarakat dan perkembangan zaman. Di era globalisasi saat ini, tujuan pendidikan harus direorientasi. Memperjelas orientasi ini tidak berarti menghilangkan semangat tujuan pendidikan Islam yang semula diidealkan. Untuk itu, tujuan pendidikan dan kurikulum harus diarahkan menjadi satu kesatuan yang utuh untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan. Bagian penting dari sistem kurikulum adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...