Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Vol. 2 No. 1: April 2019

Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Berbantu Media Puzzle Terhadap Keterampilan Menulis Siswa

Faradiba Polisiandani (Jurusan PGSD, Universitas PGRI, Semarang,)
Mudzanatun . (Jurusan PGSD, Universitas PGRI, Semarang,)
Prasena Arisyanto (Jurusan PGSD, Universitas PGRI, Semarang,)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Concept Sentence berbantu media Puzzle terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri Peterongan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dan desain penelitian Pre-Experimental Designs (nondesigns) dalam bentuk One-Group Pretest-Posttest Design.  Karena terdapat pretest  sebelum diberikan perlakuan, yang selanjutnya diberikan perlakuan yaitu pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence, kemudian dilakukan posttest. Variabel independen pada penelitian ini adalah model pembelajaran Concept Sentence, yang dilambangkan dengan “X”. Variabel dependen pada penelitian ini adalah keterampilan menulis siswa, yang dilambangkan dengan “Y”. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri Peterongan yang berjumlah 30 siswa. Pada penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah  Nonprobability Sampling karena semua anggota populasi dipilih menjadi sampel.teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, tes, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Posttest lebih tinggi dari Pretest maka dapat disimpulkan bahwa Penggunaan model pembelajaran Concept Sentence berbantu media puzzle dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas IV SD Negeri Peterongan tahun pelajaran gasal 2018/2019. Kata Kunci: Concept Sentence, Karangan Narasi, Keterampilan Menulis, Media Puzzle.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJERR

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal ...