Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 1 (2021): Februari-Mei 2021

Analisis Kebijakan Pendidikan MI Perspektif Lingkungan Pendidikan Sekolah/Madrasah

Shindy Lestari (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Salminawati Salminawati (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2023

Abstract

Eksistensi madrasah menjadi lebih terstruktur dalam menjalankan perannya sebagai basis pendidikan Islam, dengan diperkuat sebuah data yang memperlihatkan perkembangan sentral madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Sorotan khusus terhadap Madrasah Ibtidaiyah sebagai sarana mentransferkan ajaran dan penanaman agama generasi Islam merupakan salah satu faktor yang sakral untuk dikaji. Identitas Madrasah Ibtidaiyah yang bercirikan Islam memiliki beban tanggung jawab moril dalam melakukan transfer of knowledge dan value untuk peserta didik. Kegiatan di madrasah dirancang secara internal agar sesuai dengan visi sekolah agar lulusan dari sekolah yang diharapkan akan berkelakuan baik akhlaknya dan juga cerdas secara intelektual. Sehingga penelitian bertujuan menganalisis kebijakan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dalam perspektif sekolah/madrasah, yaitu: instrumental inputs, environmental input, proses pembelajaran, penerapan full day school, kualitas pendidik, program lingkungan sekolah, pendidikan karakter.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...