Eksistensi madrasah menjadi lebih terstruktur dalam menjalankan perannya sebagai basis pendidikan Islam, dengan diperkuat sebuah data yang memperlihatkan perkembangan sentral madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Sorotan khusus terhadap Madrasah Ibtidaiyah sebagai sarana mentransferkan ajaran dan penanaman agama generasi Islam merupakan salah satu faktor yang sakral untuk dikaji. Identitas Madrasah Ibtidaiyah yang bercirikan Islam memiliki beban tanggung jawab moril dalam melakukan transfer of knowledge dan value untuk peserta didik. Kegiatan di madrasah dirancang secara internal agar sesuai dengan visi sekolah agar lulusan dari sekolah yang diharapkan akan berkelakuan baik akhlaknya dan juga cerdas secara intelektual. Sehingga penelitian bertujuan menganalisis kebijakan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dalam perspektif sekolah/madrasah, yaitu: instrumental inputs, environmental input, proses pembelajaran, penerapan full day school, kualitas pendidik, program lingkungan sekolah, pendidikan karakter.
Copyrights © 2021