Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 3 (2021): Oktober 2021 - Januari 2022

Upaya Meningkatkan Proses Pembelajaran Matematika di SDN 34 Batang Nadenggan

Rora Rizky Wandini (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Putri Zulva Sari (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Evrina Yanti Harahap (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Rizkia Ramadani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Nur Azza Adila (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman cara berfikir siswa dan hasil belajar pada proses pembelajaran matematika dalam upaya untuk meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan subjek yang diambil siswa kelas 3,4,5 dan 6 SDN 34 Batang Nadenggan. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil proses wawancara pada tingkat kelas rendah dan kelas tinggi masih banyak di antara mereka yang kurang memahami dan kurangnya minat terhadap pembelajaran matematika di sekolah dasar. Adapun faktor yang menghambat proses pembelajaran matematika, di antaranya adalah kurangnya minat dan motivasi siswa terhadap pembelajaran serta metode yang digunakan guru terlalu monoton sehingga membuat siswa kurang berminat dan bersemangat untuk mengikuti proses pembelajaran matematika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...