Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 2 No. 1 (2022): Februari-Mei 2022

Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis dan Mengefektifkan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika

Anisyah Rahmadani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Rora Rizky Wandini (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Arsita Dewi (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Elza Zairima (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Tazira Dwi Putri (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan berpikir kritis dan mengefektifkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika. Adapun jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan metode studi kepustakaan (library research). Data yang diperoleh dari berbagai sumber referensi ilmiah, dianalisis dan dideskripsikan secara detil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran kontekstual memprioritaskan pada perilaku belajar yang nyata dan konkrit, hal ini didasarkan pada fase perkembangan anak dan kesehariannya bersama lingkungan alam sekitar. Implementasi pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika dipandang strategis bagi peningkatan kualitas profesional guru dalam meningkatkan berpikir kritis siswa melalui pengetahuan dasar yang kontekstual dimiliki siswa dari kehidupan sehari-hari bersama alam sekitar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...