Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan
Vol. 1 No. 9 (2021)

Perbandingan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Poster Berbasis PPt Interaktif dan Media Video Animasi pada Muatan IPS Kelas IV di SDN Bunulrejo 02 Malang

Yesita Galatia Maysella (Universitas Negeri Malang)
Nihayati Nihayati (Universitas Negeri Malang)
Syaiful Imam (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2021

Abstract

Abstract: This research was conducted with the aim of comparing the learning outcomes between students using PowerPoint-based poster learning media with animated video media in social studies subject class IV material "cultural diversity" at SDN Bunulrejo 02 Malang. This research is a quasi-experimental study with a population of all fourth grade students at SDN Bunulrejo 02 Malang. The sample in this study used a purposive sampling technique with 28 students in class IV A as the control class using PowerPoint-based poster media, while in class IV C, 28 students as an experimental class using animated video media. Data collection techniques in this study used the results of pre-test and posttest, interviews and documentation. The results of the study using the t-test obtained tcount is 6.474 and ttable is 2.005, so that the data with tcount greater than ttable, where Ha is acceptable, and it is concluded that there is a significant comparison of student learning outcomes between the use of poster-based learning media and video learning media. animation on social studies learning material about cultural diversity. Abstrak: Penelitian ini dilakukan bertujuan guna melihat adanya perbandingan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran poster berbasis powerpoint dengan media video animasi pada mata pelajaran IPS kelas IV materi “keragaman budaya” di Sekolah Dasar Negeri Bunulrejo 02 Malang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan populasi seluruh peserta didik kelas IV SDN Bunulrejo 02 Malang. Sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas IV A sebanyak 28 peserta didik sebagai kelas kontrol yang menggunakan media poster berbasis powerpoint adapun kelas IV C sebanyak 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media video animasi. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian menggunakan hasil tes pre-test dan posttest, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung adalah 6,474 dan ttabel adalah 2,005, sehingga data tersebut dengan thitung lebih besar dari ttabel di mana Ha dapat diterima, dan disimpulkan adanya perbandingan hasil belajar peserta didik yang signifikan antara menggunakan media pembelajaran poster berbasis powerpoint dengan media pembelajaran video animasi pada pembelajaran IPS materi keragaman budaya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan menerbitkan naskah terkait pendidikan mencakup pembelajaran anak usia dini, sekolah dasar, bimbingan dan konseling, teknologi pendidikan, manajemen, pendidikan luar sekolah, serta pendidikan anak berkebutuhan ...