AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi 
Vol 7, No 4 (2023): Edisi Februari 2023

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN KONSEPTUAL MATERI JAMUR SMAN 2 MAWASANGKA TIMUR

Ima La Awu (Universitas Halu Oleo)
M. Sirih (Universitas Halu Oleo)
Damhuri Damhuri (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran concept attainment dalam meningkatkan pengetahuan konseptual pada materi jamur siswa kelas X SMA Negeri 2 Mawasangka Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian ini menggunakan proses pengkajian melalui sistem berdaur (siklus) dari berbagai kegiatan pembelajaran yang terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari lima kegiatan pokok yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan atau tindakan (action), pengamatan (observation) dan evaluasi, serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA yang terdaftar tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 15 orang yang terdiri atas 10 siswa perempuan dan 5 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan yaitu silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar observasi aktivitas siswa dan guru, lembar kerja peserta didik (LKPD) dan tes pengetahuan konseptual siswa. Data dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan pada proses pembelajaran siklus I dan II belum mencapai ketuntasan belajar dengan persentase 53,33% dan 66,67%. Sedangkan pada pembelajaran siklus III sudah mencapai ketuntasan belajar dengan persentase 80%, hal ini dapat disimpulkan bahwa pengetahuan konseptual pada materi jamur siswa kelas X MIA SMA Negeri 2 Mawasangka Timur dapat meningkat melalui model pembelajaran concept attainment.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ampibi

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

AMPIBI: Jurnal Alumni Pendidikan Biologi merupakan jurnal yang memuat tulisan berdasarkan hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian, dan penerapan teori dalam bidang pendidikan biologi seperti model/metode Pembelajaran Biologi, Strategi Pembelajaran Biologi, Pembelajaran Biologi Media dan TIK ...