Penelitian ini bertujuan untuk mendapat gambaran kompetensi literasi sains berdasarkan PISA (Programme for International Student Assessment) pada sains siswa kelas XI SMA di Kecamatan Lohia Kabupaten Muna dan mengetahui apakah ada perbedaan level kemampuan literasi sain siswa kelas XI SMA pada tersebut. Sampel penelitian ini berjumlah 75 siswa, dengan teknik sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif sederhana. Instrumen yang digunakan adalah soal tes Programme for International Student Assessment (PISA) 2009 khusus pada materi biologi yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang terdiri dari 17 butir soal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari dua tahap yaitu tahap observasi dan tahap pelaksanaan. Berdasarkan hasil penelitian, capaian literasi sains siswa kelas XI Ipa 3 memperoleh persentase tertinggi sebesar 66% dengan kategori sedang jika dibandingkan dengan siswa kelas XI Ipa 1 yang memperoleh persentase sebesar 64% dengan kategori sedang dan kelas XI Ipa 2 memperoleh persentase sebesar 53% dengan kategori sangat rendah. Berdasarkan hasil data yang diperoleh maka dapat di simpulkan bahwa capaian literasi sains SMAN 1 Lohia memperoleh rerata persentase sebesar 61% dengan kategori sedang. Sedangkan kemampuan literasi sains pada aspek kompetensi siswa SMAN 1 Lohia memperoleh kategori rendah. Dalam indikator pada kemampuan literasi sains siswa SMAN 1 Lohia menunjukan kategori rendah pada indikator mengidentifikasi permasalahan ilmiah dan menggunakan bukti-bukti secara ilmiah, kemuadian kategori sedang pada indikator menjelaskan fenomena secara ilmiah. Berdasarkan hasil peneitian yang diperoleh menunjukan bahwa kemampuan literasi sains siswa SMAN 1 Lohia belum menunjukan hasil baik dan memuaskan sehingga perlu di tingkatkan.
Copyrights © 2022