Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode TEACCH dalam pembelajaran siswa dengan gangguan spektrum autisme pada jenjang pendidikan dasar di sekolah khusus. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Temuan penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan TEACCH di sekolah khusus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Perencanaan meliputi: membangun mindset guru, pemberian edukasi ke tenaga pendidik, membentuk tim percepatan (koordinator program, koordinator kurikulum, guru), membuat support system dan evaluasi berkelanjutan. Pelaksanaan penerapan TEACCH ditunjukkan dari kegiatan pengajarannya yang terstruktur, yaitu: kegiatan yang jelas dan runtut melalui adanya sistem kerja, kegiatan yang jelas dan terprediksi melalui digunakannya jadwal kegiatan, dilakukannya penataan stuktur fisik lingkungan belajar, dan penggunaan alat bantu visual. Evaluasi dilakukan untuk menilai perkembangan hasil belajar siswa dan kinerja guru dalam mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan TEACCH dalam pembelajaran siswa autis di SDLB Autisme River Kids Malang berhasil dijalankan dengan baik oleh pihak sekolah.
Copyrights © 2022