Jurnal ORTOPEDAGOGIA
Vol 8, No 1 (2022): July

Tingkat Keefektifan Hatching untuk Menulis Permulaan Penyandang Tunadaksa (Monoplegia)

Revo Kuntho Baskoro (Universitas Negeri Malang)
Rizqi Fajar Pradipta (Universitas Negeri Malang)
Dimas Arif Dewantoro (Universitas Negeri Malang)
Sinta Yuni Susilawati (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2022

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari banyak hal dilakukan dengan motorik halus dan motorik kasar atau hanya salah satu. Namun anak dengan hambatan tunadaksa mengalami kesulitan karena mengalami keterbatasan di alat gerak. Keadaan di lapangan membuktikan banyak anak dengan hambatan tersebut masih kesulitan dalam menulis dengan baik. Untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan dalam penelitian ini menggunakan teknik hatching yang juga berhubungan dengan peningkatan motorik halus pada anak dengan hambatan tunadaksa (monoplegia). Single Subjek Research (SSR) digunakan untuk proses pengambilan data yang akan digunakan untuk menguji tingkat keefektivitasan teknik hatching. Desain yang digunakan adalah desain A-B-A, baseline-1(A1)-Intervensi(B)-baseline-2(A2) pada tahapan penelitian baseline(A) peneliti menetapkan 3 sesi dan pada tahapan intervensi (B) ditetapkan 4 sesi. hatching efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak dengan hambatan tunadaksa (monoplegia) hal ini ditunjang melalui perhitungan persentase overlap yang sebesar 0% pada kondisi baseline-1 ke intervensi maka dapat dikatakan intervensi pada target behavior yang diberikan pada subjek berpengaruh baik. Sesuai dengan aturan jika semakin kecil persentase overlap maka intervensi berpengaruh baik pada target behavior.

Copyrights © 2022