Penelitian ini termasuk penelitian korelasion dengan menggunakan metodologi penelitian kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kesehatan mental Terhadap penigkatan Prestasi Belajar siswa ditingkat Sekolah Dasar.Penelitian ini di laksanakan di SDN Kayangan 2 dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 1-6 berjumlah 125 siswa dan pengambil sample 48 siswa dari kelas 4 – 6. Untuk menjawab hipotesis penelitian menggunakan random Sampling dapat diketahui dari nilai mean posstest pengaruh kesehatan mental terhadap penigkatan prestasi belajar siswa SDN Kayangan 2 Diwek Jombang dapat dilihat dari koefisien (R- Square). R-Square = 0,678. Dengan demikian besarnya pengaruh kesehatan mental terhadap penigkatan prestasi belajar siswa SDN Kayangan 2 Diwek Jombang sebesar 67,80 %, sedangkan sisanya 32,20 % dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Saran untuk guru BK diharapkan dapat berlatih untuk menambah pemahaman terhadap kesehatan mental pada siswa sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan mental pada siswa. Kemudian membuat program kerja sama antara guru dan orang tua dengan tujuan mendorong penigkatan prestasi belajar siswa sekolah dasar
Copyrights © 2020