Journal of Innovation Research and Knowledge
Vol. 1 No. 8: Januari 2022

PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN METAKOGNISI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP

Marhadi Saputro (Program Studi Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak)
Muhamad Firdaus (Program Studi Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak)
Rika (Program Studi Pendidikan Matematika, IKIP PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2022

Abstract

Siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, mengajukan pertanyaan,membuat langkah-langkah penyelesaian. Serta menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan matematis siswa sesudah diterapkan model problembased learning dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 06 Satap Subah dengan jumlah 18 orang. Analisis data kemampuan pemecahan masalah dilakukan menggunakan uji-t. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sesudah diterapkan model problembased learning dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan hasil perhitungan yaitu  atau .

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIRK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Journal of Innovation Research and Knowledge, published by Bajang Institute. Published in two formats, print and online, print version of ISSN: 2798-3471 and the online version of ISSN: 798-3641, both of which are published every month. The scope of the journal studies broadly includes: Culture (a ...