Siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, mengajukan pertanyaan,membuat langkah-langkah penyelesaian. Serta menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan matematis siswa sesudah diterapkan model problembased learning dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 06 Satap Subah dengan jumlah 18 orang. Analisis data kemampuan pemecahan masalah dilakukan menggunakan uji-t. hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sesudah diterapkan model problembased learning dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan hasil perhitungan yaitu atau .
Copyrights © 2022