Jurnal Al-Qayyimah
Vol 5, No 1 (2022)

SINGLE PARENT: IMPLIKASINYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ANAK

Irma Nuryani Inaku (IAIN Gorontalo)
Muh. Arif (Pascasarjana IAIN Sultan Amai Gorontalo)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2022

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengungkap problema orangtua tunggal atau dengan istilah "Single Parent" yang berimplikasi pada prestasi belajar anak, yakni bagaimana pola asuh orangtua siswa single parent di MTs al-Khairât Kota Gorontalo. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh orangtua single parent siswa  MTs al-Khairât Kota Gorontalo adalah pola asuh demokratis, otoriter dan permisif. Pola asuh orangtua single parent berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa pola asuh demokratis lebih baik diterapkan. Selanjutnya implikasi pola asuh orangtua single parent terhadap prestasi belajar siswa MTs al-Khairât Kota Gorontalo, yakni pola asuh demokratis berada pada kategori sangat baik. Sedangkan pola asuh otoriter prestasi belajar siswa kategori baik. Selain itu pola asuh permisif, prestasi belajar kategori baik dan cukup baik serta pengembangan diri siswa kurang. Adapun kendala dalam pola asuh orantua single parent adalah Pertama, Kurangnya kematangan pola asuh orangtua single parent akibat dari pernikahan dini; Kedua, adalah tingkat pendidikan orangtua; Ketiga,  status sosial ekonomi orangtua; Keempat, adalah stres akibat status single parent mother; dan Kelima, kurangnya perhatian dalam pendidikan keluarga.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alqayyimah

Publisher

Subject

Religion Humanities Education

Description

JURNAL AL-QAYYIMAH: a scientific journal for disseminating results of conceptual research or studies on education, is published two times (June and December) a year. JURNAL AL-QAYYIMAH: is managed by the Department of Islamic Education at Postgraduate Program Bone State Islamic Institute (IAIN ...