Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (Jinteks)
Vol 4 No 3 (2022): EDISI 13

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MEME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK MAHASISWA

Andi Prayudi (STKIP Yapis Dompu)
Fathirma’ruf (Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, STKIP Yapis Dompu)
Supriyaddin (Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, STKIP Yapis Dompu)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2022

Abstract

Matakuliah Teori Dan Praktek (T&P) Pemograman Web Dasar 1 adalah salah satu matakuliah yang sedikit diminati oleh mahasiswa khususnya di STKIP Yapis Dompu. karena latar belakang yang berbeda-beda, oleh sebab itu kemampuan mencerna kode-kode pemograman sangat sulit diterima oleh mahasiswa, maka dibutuhkannya media pembelajaran yang akan menunjung matakuliah T&P Pemograman Dasar Web 1. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), media pembelajaran akan dikembangkan mengacu pada model ADDIE (Analize, Design, Development, Implement, Evaluation). Validator ahli materi dan media memberikan persentase rata-rata sebesar 88,4% maka media pembelajaran (meme) ini sangat layak untuk diterapkan. Dari persentase pre-test memperoleh rata-rata sebanyak 61% sedangkan post-test rata-ratanya sebesar 80%, dari persentasi tersebut post-test lebih tinggi daripada pre-test, maka dari itu kemampuan psikomotorik mahasiswa semester 3 kelas C tahun ajaran 2021/2022 meningkat sebanyak 19%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JINTEKS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering

Description

Jurnal Informatika Teknologi dan Sains (JINTEKS) merupakan media publikasi yang dikelola oleh Program Studi Informatika, Fakultas Teknik dengan ruang lingkup publikasi terkait dengan tema tema riset sesuai dengan bidang keilmuan Informatika yang meliputi Algoritm, Software Enginering, Network & ...