Penelitian ini mengkaji Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Dimasa Pandemic Covid-19 (Studi di Desa Sibargot Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhan Batu). Penelitian ini mengfokuskan pada peran orang tua terhadap pendidikan anak Sekolah Dasar (SD) dimasa pandemi Covid-19 dan hambatan orang tua terhadap pendidikan anak Sekolah Dasar (SD) dimasa pandemi Covid 19. Penelitian ini menggunakan teori Fungsionalisme Struktural perspektif Robert K Merton. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua terhadap pendidikan anak Sekolah Dasar (SD) pada Pandemi Covid-19 di Desa Sibargot adalah (a) orang tua melakukan pertemuan dengan pihak sekolah SD Negeri 06 Sibargot, (b) Mendampingi belajar anak di rumah, dan (c) Orang tua bekerjasama dalam mengikuti pembelajaran daring. Hambatan orang tua terhadap pendidikan anak Sekolah Dasar (SD) dimasa pandemi Covid 19 di Desa Sibargot adalah (a) kesibukan orang tua dalam bekerja membuat mereka tidak bisa meluangkan waktu membantu anak belajar dirumah, (b) Keterbatasan biaya menyediakan handphone android dan paket internet, (c) Ketidaksanggupan orang tua membimbing belajar anak di rumah dikarenakan orang tua tidak memahami materi belajar karena berpendidikan rendah, dan (d) Perilaku anak yang malas belajar di rumah dan lebih suka bermain bersama temannya
Copyrights © 2022