Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan penerapan strategi Preview Question, Read, Reflect, Recite and Review terhadap kemampuan representasi matematis siswa pada kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Jambo Aye. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen tipe Quasi Eksperimental dan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Jambo Aye tahun ajaran 2020/2021. Penentuan sampel yaitu menggunakan teknik Purposive Sampling. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas yaitu kelas VII/6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII/7 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dalam perlakuannya menggunakan pembelajaran saintifik dengan strategi PQ4R sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran saintifik saja. Instrumen tes berbentuk soal uraian kemampuan representasi matematis siswa yang diberikan sebelum dan sesudah adanya perlakuan pembelajaran terhadap dua kelas. Pengolahan data dari hasil penelitian yaitu menggunakan statistik deskriptif dan uji-t berbantuan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbandingan pada data N-Gain yaitu kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran saintifik dengan strategi PQ4R lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran saintifik. Berdasarkan uji-t menggunakan Compare Means Independent-Samples T Test diperoleh signifikan 0,000 < taraf signifikan α = 0,05 berarti tolak H0 sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang diterapkan dengan pembelajaran saintifik dengan strategi PQ4R lebih baik dari pada yang diterapkan dengan pembelajaran saintifik pada kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Jambo Aye.
Copyrights © 2021