Prosiding Seminar Nasional Universitas Serambi Mekkah
Vol 1, No 1 (2017): Prosiding Seminar Nasional USM

PENDEKATAN PROBLEM POSING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMA DI KOTA BANDA ACEH

Hifzi Meutia (Universitas Serambi Mekkah)
Rini Sulastri (Universitas Serambi Mekkah)
Fithri Angelia Permana (Universitas Serambi Mekkah)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2017

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang penguasaan konsepmatematika dan peningkatan kemampuan siswa SMA 11 Banda Aceh dalam berpikir kreatifdengan model Problem Posing. Penelitian ini dilaksanakan di SMA 11 Banda Aceh khususnyakelas XII-IPA1 sebagai kelas eksperimen dan XII-IPA2 sebagai kelas sampel. Jenis penelitianadalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Instrument tes berbentuk uraian sebanyak 10 soal dengan nilai tertinggi 50 dan terendah 0. Sebelum digunakan untuk menguji kemampuanberpikir kreatif siswa pada pelaksanaan penelitian, soal tes diujicoba pada sekolah lain untukdiketahui validitas, reliabilitas, daya pembeda untuk pretes dan postes. Teknik pengolahan datadianalisis dengan statistik kuantitatif untuk tes kemampuan berpikir kreatif siswa dengansoftware SPSS 17.0. Analisis statistik yang dilakukan berupa memberikan skor pretes dan postes.Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan kemampuan berpikirkreatif siswa yang diajarkan dengan problem posing dengan pembelajaran biasa. 

Copyrights © 2017