Jurnal Ekonomi dan Manajemen (JEKMA)
Vol. 1 No. 2 (2022): Juni : Jurnal Ekonomi dan Manajemen

PENGELOLAAN MANAJEMEN SISTEM INFORMASI PADA LAYANAN ANTRIAN DENGAN PEMANFAATAN WHATSAPP GATEWAY

Sri Rahayu Puspita Sari (Universitas Gunadarma)
Dina Agusten (Universitas Gunadarma)
Muhammad Edy Supriyadi (Universitas Gunadarma)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Aktifitas konsultasi mahasiswa dan orang tua pada program studi Sistem Informasi Universitas Gunadarma tidak pernah sepi mengingat jumlah mahasiswa pada program studi tersebut banyak. Banyaknya mahasiswa untuk pelayanan maka sekretariat program studi membutuhkan sistem antrian. Sistem antrian tersebut saat ini masih dilakukan secara manual. Pada makalah ini akan dipaparkan pembangunan prototipe sistem pengelolaan manajemen pada layanan antrian dengan memanfaatkan whatsapp gateway. Dimana nomor antrian akan diperoleh dari tautan yang diberitahukan melalui whatsapp gateway. Tahapan pembangunan terdiri dari analisis, perancangan, pembuatan dan uji coba. Metode antrian yang digunakan pada sistem adalah FCFS (first come first served) dengan sifat Multi Channel – Single Phase. Metode prototipe yang digunakan adalah prototipe evolusioner. Hasil uji coba dengan user accepted test bahwa sistem hanya memenuhi kebutuhan pengguna sebanyak 60% sedangkan 40% masih memiliki kendala untuk dapat dikembangkan kembali. Sistem akan digunakan dan dievaluasi secara berkala untuk membantu meningkatkan efisiensi kinerja seluruh staff pada program studi Sistem Informasi Universitas Gunadarma.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JEKMA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ekonomi dan Manajemen adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Asosiasi Dosen Muda Indonesia dan di payungi Oleh Yayasan Dosen Muda Indonesia. Topik dalam Jurnal ini berkaitan dengan aspek apapun dari Ekonomi dan manajemen, namun tidak terbatas pada ...