Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH)
Vol. 1 No. 2 (2022): Agustus, 2022

Penerapan Model Pembelajaran Treffinger dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemandirian Siswa

Asmaul Khusna (MAN 4 Madiun)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian siswa kelas XII IPA2 MAN 4 Madiun dalam pelajaran Fisika melalui model pembelajaran Treffinger. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah lembar observasi, angket dan hasil tes tulis. Teknik analisis data yang dilakukan dengan teknik deskripsi kuantitatif. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah terdapat 75% siswa yang tuntas KKM. Pada prasiklus terdapat 48% (11) siswa tuntas KKM. Pada siklus I terdapat 70% (16) siswa tuntas KKM. Kemudian, pada siklus II terdapat 96% (22) siswa tuntas KKM. Keberhasilan penelitian didapat pada siklus II. Model pembelajaran Treffinger juga berhasil meningkatkan kemandirian belajar siswa terbukti dengan Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah lebih dari 75% jumlah siswa dalam klasifikasi nilai A dan B. Keberhasilan penelitian untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa di kelas didapat pada siklus II yaitu sebanyak 78,2 % (18) siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jiph

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH) adalah jurnal nasional yang berfokus kepada pengembangan ilmu pendidikan yang holistik di Indonesia. Fokus dari jurnal JIPH adalah bidang pendidikan secara umum, seperti bidang penelitian pendidikan dalam pengajaran, pembelajaran dan pengajaran, pengembangan ...