Journal of Social And Economics Research
Vol 3 No 2 (2021): JSER, December 2021

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENUGASAN (RESITASI) SISWA KELAS X TKR 1 SMK NEGERI 2 PAINAN

Harry Ismanto (Unknown)
Ambiyar (Universitas Negeri Padang)
Syafri Jamain (Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2022

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa X TKR 1 SMK Negeri 2 Painan, merupakan suatu permasalahan yang serius bagi lulusan SMK Negeri 2 Painan untuk melanjutkan pendidikan atau bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam proses pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran Resitasi yang nantinya diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, dan nantinya dapat meningkatkan hasil belajar siswa X TKR 1 SMK Negeri 2 Painan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Objek penelitian adalah siswa kelas X TKR 1 SMK Negeri 1 Painan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan 07 April-30 April 2016. Penelitian ini dilaksankan dalam dua siklus, setiap akhir siklus siswa diberikan tes tertulis berbentuk soal pilihan ganda, yang mana pada siklus I siswa diberikan sebanyak 37 butir soal dan siklus II 35 butir soal. Berdasarkan hasil pengamatan yang diperoleh selama penelitian dengan menggunakan metode Resitasi pada siklus I rata-rata motivasi siswa adalah 67,0% dan pada siklus II motivasi siswa adalah 84,0%. Untuk motivasi siswa mengalami peningkatan sebesar 17%. Selain motivasi siswa hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I persentase klasikal ketuntasan siswa adalah sebesar 61,1% dan pada siklus II hasil persentase klasikal ketuntasan siswa adalah sebesar 88,9%. Untuk hasil belajar meningkat sebesar 27,8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Resitasi pada pembelajaran GambarTeknik dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X TKR

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JSER

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of Social and Economics Research (JSER) is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of social and economic research. Investigated the dynamics of teaching and learning of social education, and social and economic problems in society at the primary, senior, and high education ...