Journal of Community Service
Vol 1 No 1 (2019): JCS, Desember 2019

PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU SD LUBUK ALUNG DALAM MERANCANG MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL MELALUI APLIKASI CAMTASIA DAN SCREEN O MATIC BAGI GURU-GURU SD 0I DAN SD 11 KECAMATAN LUBUK ALUNG, KABUPATEN PARIAMAN

Lativa Mursyida (Unknown)
Ika Parma Dewi (Unknown)
Mitra Lusiana (Unknown)
Rizkayeni Marta (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2019

Abstract

Pendidikan tinggi di Indonesia perlu melakukan penyesuaian dengan perkembangan yang terjadi agar mampu membekali siswa dengan kompetensi yang dibutuhkan untuk sukses di Era 4.0. Sekolah Dasar sebagai penyelenggara pendidikan yang memiliki misi menjadi sekoha dasar untuk menyesuaikan pola pelaksanaan pembelajaran yang mendukung tumbuhnya kompetensi diri siswa yang linier dengan era 4.0. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menyediakan fasilitas penunjang pembelajaran berupa fisik maupun nonfisik. Penyediaan fasilitas wifi dan membangun media pembelajaran yang bisa diakses oleh guru dan siswa. Melalui fasilitas ini pembelajaran tidak hanya bisa dilaksanakan di kelas nyata namun juga virtual. Sekolah Dasar 01 dan 11 Kecamatan Lubuk Alung berada di pinggiran Kota Padang dan Pariaman. Sekolah telah menyediakan fasilitas wifi bagi guru, namun belum optimal penggunaannya dalam menunjang pembelajaran khususnya media pembelajaran. Kegiatan pelatihan dan bimbingan pembuatan media pembelajaran ini dapat memberikan manfaat untuk guru-guru yaitu: 1) Mengoptimalkan fungsi fasilitas internet sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran; 2) Terlaksananya pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, dan maupun internasional khususnya dalam bidang pendidikan dan pengajaran. 4) Guru-guru kreatif dalam membuat media pembelajaran khususnya dengan software Camtasia dan Screen O Matic.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JCS

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Journal of Community Service (JCS) is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of community service. Investigated the education, science and technology, soio-economy and bussiness, and cultural & society. Besides focusing on the service of studies issues of basic education, JCS ...