Journal of Community Service
Vol 2 No 2 (2020): JCS, December 2020

OPTIMALISASI KETERAMPILAN GURU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MELALUI PELATIHAN ASESMEN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS

Friyatmi (Unknown)
Elvi Rahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2020

Abstract

Keterampilan berpikir siswa yang relevan dengan tantangan pembelajaran abad 21 dapat didorong melalui asesmen keterampilan berpikir tingkat tinggi. Sayangnya guru masih mengalami hambatan dalam menerapkan asesmen ini di dalam kelas. Program kemitraan masyarakat ini bertujuan untuk membekali guru dengan konsep dasar dan implementasi asesmen berbasis keterampilan berpikir tinggi melalui pelatihan terpadu yang mengadopsi penyampaian informasi, diksusi, demonstrasi, latihan terbimbing, dan penugasan mandiri dalam satu rangkaian pelatihan. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukan bahwa kegiatan yang dilaksanakan dapat menstimulus guru dalam menyusun soal-soal berpikir tingkat tinggi. Kegiatan yang telah dilaksanakan direspon secara positif oleh peserta dan diharapkan dalam jangka panjang mampu diterapkan dalam pembelajaran di kelas sehingga mampu mewujudkan pembelajaran yang dapat mengaktifkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dan lahirlah output pendidikan yang berkualitas sesuai dengan tantangan abad ke-21.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JCS

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Journal of Community Service (JCS) is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of community service. Investigated the education, science and technology, soio-economy and bussiness, and cultural & society. Besides focusing on the service of studies issues of basic education, JCS ...