Jurnal Kedokteran Komunitas (Journal of Community Medicine)
Vol 10, No 1 (2022)

Pengaruh Proses Pembelajaran Mandiri dan Kolaboratif dalam Problem Based Learning (PBL) Terhadap Performa Akademik Berbentuk Indeks Prestasi pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran

Aurizan Naufal Habib (Unknown)
Dewi Martha Indria (Unknown)
Marindra Firmansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2022

Abstract

ABSTRAK Pendahuluan: Metode Problem Basic Learning (PBL) merupakan salah satu hasil inovasi sistem pembelajaran yang di dalamnya mencakup metode pembelajaran mandiri dan metode pembelajaran kolaboratif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan metode pembelajaran mandiri dan metode pembelajaran kolaboratif berbasis PBL dengan performa akademik mahasiswa yang dilihat dari Indeks Prestasi (IP).Metode: Desain enelitian ini menggunakan rancangan analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel adalah non-probability sampling dengan metode consecutive sampling dan jumlah responden yang memenuhi kriteria sebanyak 176 mahasiswa yang dibagi menjadi 3 angkatan A, B dan C. Instrument pengumpulan data menggunakan kuisisoner melalui tautan google form, setelah itu hasil diolah menjadi skala Likert. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda.Hasil: Hasil menunjukan secara simultan metode pembelajaran mandiri dan kolaboratif berpengaruh secara signifikan terhadap performa akademik dengan pvalue sebesar 0,000<0.05. Selanjutnya secara parsial metode pembelajaran mandiri mempunyai hubungan negatif dan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap performa akademik dengan pvalue sebesar 0,144>0.05. Sedangkan secara parsial metode pembelajaran kolaboratif mempunyai hubungan positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap performa akademik dengan p value sebesar 0,000< 0.05Kesimpulan: Didapatkan bahwa pembelajaran mandiri dan kolaboratif secara simultan berpengaruh signifikan terhadap performa akademik. Metode pembelajaran kolaboratif mempunyai hubungan positif sedangkan pembelajaran mandiri mempunyai hubungan negative.Kata kunci: Problem-based learning (PBL), pembelajaran kolaboratif, pembelajaran mandiri, pendidikan kedokteran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkkfk

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Jurnal Kedokteran Komunitas merupakan salah satu jenis jurnal akademik bidang kedokteran atau kesehatan di mana penulis mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian maupun kajian. Artikel ilmiah ini juga mencangkup hasil-hasil penelitian terbaru dan tulisan ilmiah lainnya di bidang biomedis, ...