EDUCARE
Vol. 15 No. 2, Desember 2017

Pengembangan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep

Deby Fitriyani (Program Studi Pendidikan Guru SD, FKIP, Universitas Langlangbuana)
Erliany Syaodih (Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana)
Nuri Annisa (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Langlangbuana)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep peserta didik terhadap pembelajan matematika di sekolah dasar. Berdasarkan permasalahan di atas peneliti membuat serta mengembangkan metode yang berbeda dari sebelumnya, yaitu metode Mind Mapping, yang diharapkan mampu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran matematika. Metode Penelitian digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas V SD Negeri Pelita Bandung, dengan sampel penelitian dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas control dan desain penelitian Pretest –Posttest Control Group Design. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pengembangan metode Mind Maping lebih mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran matematika dibandingkan tidak menggunakan metode Mind Mapping.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

educare

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

EDUCARE adalah jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran, yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Langlangbuana (FKIP UNLA), pertama kali terbit pada tanggal 02 Mei 2002, bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional. Jurnal ini menyandang nama EDUCARE yang arti ...