Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR PADA MATERI STATISTIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 JABUNG TAHUN 2020

Anita Candra Dewi Putri Purnama (Universitas Islam Malang)
Zainal Abidin (Universitas Islam Malang)
Siti Nurul Hasana (Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2021

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan cara-cara yang dilakukan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Jabung dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah matematis materi statistika ditinjau dari motivasi belajar dan 2) untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Jabung materi statistika ditinjau dari motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 6 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Jabung yang sudah mengisi kuesioner motivasi belajar dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis materi statistika kelas VIII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, kuesioner, dan wawancara. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan menggunakan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) cara-cara yang digunakan oleh peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi dan motivasi belajar tinggi, rata-rata hanya dapat memenuhi 2 indikator dari 4 indikator kemampuan pemecahan masalah. Peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah kategori sedang dengan motivasi belajar sedang, rata-rata hanya dapat memenuhi 1 indikator dari 4 indikator kemampuan pemecahan masalah. Peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah kategori rendah dan motivasi belajar rendah, rata-rata tidak dapat memenuhi 4 indikator kemampuan pemecahan masalah. 2) Peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah kategori tinggi, pada umumnya memiliki motivasi belajar sedang. Peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah kategori sedang, pada umumnya memiliki motivasi belajar sedang. Peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah kategori rendah, pada umumnya memiliki motivasi belajar rendah.Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, motivasi belajar, statistika

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...