Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol 17, No 7 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING (DLPS) BERBASIS GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 18 MALANG

Bhara Ilana (Universitas Islam Malang)
Alifiani Alifiani (Universitas Islam Malang)
Ahmad Sufyan Zauri (Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2022

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, dan untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran DLPS berbasis GI dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan desain pretest-posttest control group design. Sampel dipilih melalui teknik cluster random sampling, kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas berjumlah 30 peserta didik. Data dari penelitian ini diperoleh dari hasil pretest dan post-test. Analisis data yang digunakan adalah analisis uji t dengan menggunakan Software SPSS version 25. Berdasarkan analisis data post-test diperoleh nilai Sig.(2-tailed)maka ditolak atau diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang yang menggunakan model pembelajaran DLPS berbasis GI dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Selanjutnya dilihat dari nilai sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menggunakan model pembelajaran DLPS berbasis GI lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran ekspositori. Kata Kunci: kemampuan pemecahan masalah matematis, model pembelajaran double loop problem solving berbasis group investigation 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...