Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol 17, No 18 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran

PENGEMBANGAN VIDEO GAME EDUKATIF SILASNUM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL KELAS VII PADA MATERI ALJABAR

Wisam Jaya Pratama (Unknown)
Alifiani Alifiani (Unknown)
Gusti Firda Khairunnisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2022

Abstract

Abstrak: Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Video game edukatif Silasnum sebagai media pembelajaran digital , hasil pengembangan dan hasil uji coba dari media pembelajaran digital Silasnum. Diharapkan, dapat menjadi alternatif media pembelajaran matematika yang baru. Pengembangan ini mengacu pada model pengembangan 4-D dengan tahapan 1) define (pendefinisian), 2) design (perancangan), 3) develop (pengembangan), dan 4) disseminate (penyebaran). Berdasarkan hasil validasi produk, penilaian produk oleh validator ahli materi memenuhi kriteria valid dengan nilai 4, penilaian produk oleh validator ahli media memenuhi kriteria valid dengan nilai 3,16, penilaian produk oleh validator praktisi memenuhi kriteria praktis dengan nilai 3,088, dan penilaian produk oleh user/pengguna memenuhi kriiteria valid dengan nilai 3,24. Dapat disimpulkan bahwa produk hasil pengembangan media pembelajaran Silasnum adalah valid dan praktis sehingga bisa digunakan dalam proses pembelajaran.Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran digital, Video game, Silasnum, aljabar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...