Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol 16, No 30 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PADA SOAL-SOAL OPEN ENDED MATERI PELUANG PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN SATU ATAP 1 SERUYAN RAYA KALIMANTAN TENGAH

Yuli Paramita (Unknown)
Zainal Abidin (Unknown)
Fadhila Kartika Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jan 2022

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari minat belajar kategori tinggi pada soal-soal open ended materi peluang; (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari minat belajar kategori sedang pada soal-soal open ended materi peluang; (3) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari minat belajar kategori rendah pada soal-soal open ended materi peluang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Seruyan Raya yang berjumlah 31 peserta didik dengan memilih 3 peserta didik sebagai subjek penelitian. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan pedoman angket, soal tes, dan pedoman wawancara. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) subjek ke-1 (JS) memiliki minat belajar tinggi dikategorikan kreatif karena berdasarkan hasil tes, subjek JS memperoleh skor 76 dan berada pada rentang skor 76%, 2) subjek ke-2 (SAW) yang memiliki minat belajar sedang dikategorikan cukup kreatif karena berdasarkan hasil tes, subjek SAW memperoleh skor 53 dan berada pada rentang skor 53%, 3) subjek ke-3 (HA) yang memiliki minat belajar rendah dikategorikan tidak kreatif karena berdasarkan hasil tes, subjek HA memperoleh skor 31 dan berada pada rentang 31%.Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Minat Belajar, Soal-soal Open Ended

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...