Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol 14, No 7 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING) BERBANTUAN ALAT PERAGA PUZZLE PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

Ainiyatul Aliyah (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Malang)
Zainal Abidin (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Malang)
Abdul Halim Fathani (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2019

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan koneksi matematis kelas eksperimen dan kelas kontrol, untuk mengetahui manakah yang lebih baik kemampuan koneksi matematis kelas eksperimen dan kelas kontrol dan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis peserta didik antara kelas eksperimen yang diberi model pembelajaran  CORE berbantuan alat peraga puzzle dengan kelas kontrol yang diberi model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan kubus dan balok siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sukorejo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran (mixe method) dengan jenis penelitian sequential explanatory.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil uji-t dua pihak berbantuan Software SPSS 23 diperoleh nilai Sig 2-tailed  maka  ditolak yang berarti ada perbedaan kemampuan koneksi matematis antara kelas yang diberi model pembelajaran CORE berbantuan alat peraga puzzle dengan kelas yang diberi model pembelajaran konvensional. (2)  Hasil uji-t satu pihak diperoleh nilai  atau 3,628977287  dengan demikian,  ditolak yang artinya kemampuan koneksi matematis kelas yang diberi model pembelajaran CORE lebih baik daripada kelas yang diberi model pembelajaran konvensional. (3) Dari hasil analisis data kualitatif siswa kelas eksperimen diperoleh rata-rata telah memenuhi semua indikator koneksi matematis, sedangkan siswa kelas kontrol memenuhi sebagian indikator kemampuan koneksi matematis. Kata kunci: Kemampuan koneksi matematis, model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing,Reflecying, Extending), alat peraga.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...