Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol 14, No 7 (2019): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 MALANG

Lailana Nur Zukha (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Malang)
Zainal Abidin (Pendidikan Matematika FKIP Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model quantum learning untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika materi integral siswa kelas XI SMAN 7 Malang tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif  dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 7 Malang tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) wawancara, (2) tes, (3) observasi, dan (4) catatan lapangan. Teknik analisis data yaitu analisis data kualitstif dan analisis data kuantitatif. Hasil analisis data kualitaif yaitu (1) hasil wawancara  siswa siklus I masih kurang dan pada siklus II sudah meningkat dengan senangnya siswa dengan penerapan model quantum learning; (2) ketuntasan hasil belajar siswa siklus I mencapai 64% dengan siswa tuntas belajar sebanyak 22 siswa dan tidak tuntas sebanyak 12 siswa dengan rata-rata nilai 71. Sedangkan siklus II mencapai 94% dengan siswa tuntas belajar sebanyak 32 siswa dan siswa tidak tuntas belajar sebanyak 2 siswa dengan rata-rata nilai 87,5. Hal ini berarti terjadi peningkatan 30% dari siklus I ke siklus II; (3) kegiatan guru siklus I mencapai 81,25% dengan taraf keberhasilan baik dan siklus II mencapai 93,33% dengan taraf keberhasilan sangat baik. Hal ini berarti terjadi peningkatan 12,08% dari siklus I ke siklus II; (4) kegiatan siswa siklus I mencapai 80%  dengan taraf keberhasilan baik dan siklus II mencapai 83,33% dengan taraf keberhasilan sangat baik. Hal ini berarti terjadi peningkatan 3,33% dari siklus I ke siklus II. Kata kunci: model pembelajaran, quantum learning, dan pemahaman konsep

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...