Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol 17, No 18 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran

ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMPN 1 DAU

eka setyarini (Unknown)
Anies Fuady (Unknown)
yuli ismi nahdiyati ilmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2022

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara peserta didik dalam menyelesaikan soal SPLDV terkait dengan pemahaman konsep matematis dan kemampuan berpikir kreatif berdasarkan tingkat kepercayaan diri dan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep matematis dan kemampuan berpikir kreatif yang mempunyai kepercayaan diri tingkat tinggi, sedang, dan rendah pada materi SPLDV kelas VIII SMPN 1 Dau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A SMPN 1 Dau. Prosedur pengumpulan data yakni menggunakan angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu pada kategori kepercayaan diri tingkat tinggi subjek penelitian mampu memenuhi empat indikator pemahaman konsep matematis semua indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu kelancaran, kelenturan, keaslian dan elaborasi. Dengan demikian subjek penelitian memiliki pemahaman konsep matematis sangat baik dan kemampuan berpikir kreatif yang baik, Pada kategori kepercayaan diri sedang subjek mampu memenuhi tiga indikator pemahaman konsep matematis dan tiga indikator kemampuan berpikir kreatif. Dengan demikian subjek penelitian memiliki pemahaman konsep matematis yang baik dan memiliki kemampuan berpikir kreatif yang cukup baik. Pada kategori kepercayaan diri rendah subjek penelitian memenuhi dua indikator pemahaman konsep matematis dan satu kemampuan berpikir kreatif. Dengan demikian pemahaman konsep matematis dan kemampuan berpikir kreatif subjek penelitian kurang baik.Kata kunci: pemahaman konsep matematis, kemampuan berpikir kreatif, kepercayaan diri, SPLDV AbstractThe purpose of this study was to describe the way students solve SPLDV questions related to understanding mathematical concepts and creative thinking skills based on their level of self-confidence and to describe the level of understanding of mathematical concepts and creative thinking skills that have high, medium, and low levels of confidence in the material. SPLDV class VIII SMPN 1 Dau. This study uses a qualitative approach with a qualitative descriptive type of research. Sources of data in this study were students of class VIII A SMPN 1 Dau. The data collection procedure used questionnaires, tests, interviews, and documentation. The results of this study are in the category of high level of self-confidence, research subjects are able to meet four indicators of understanding mathematical concepts, all indicators of creative thinking skills, namely fluency, flexibility, originality and elaboration. Thus the research subject has a very good understanding of mathematical concepts and good creative thinking skills. In the medium self-confidence category the subject is able to meet three indicators of understanding mathematical concepts and three indicators of creative thinking ability. Thus the research subjects have a good understanding of mathematical concepts and have good creative thinking skills. In the low self-confidence category, the research subjects met two indicators of understanding mathematical concepts and one creative thinking ability. Thus the understanding of mathematical concepts and creative thinking skills of research subjects is not good.Keywords: understanding mathematical concepts, creativ thinking skill, self confidence, SPLDV

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...