Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berbasis Problem Based Learning (PBL) Kelas IV Sdn 45/VI Lubuk Pungguk I

Piriana Piriana (Universitas Dharmas Indonesia)
Wiwik Okta Susilawati (Universitas Dharmas Indonesia)
Faradilla Intan Sari (Universitas Dharmas Indonesia)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilandaskan pada rendahnya kepahaman siswa kelas IV untuk mata pelajarn ilmu pengetahuan alam, dikarenakan waktu pada kegiatan belajar yang sebentar dan siswa yang lemah dalam berpikir sehingga menyebabkan sering tertingal pelajaran. Siswa berpendapat ipa itu susah, hal ini membuat hasil belajar rendah. Untuk mencari solusi hal tersebut maka supaya bisa meningkatkan belajar khususnya untuk LKPD ilmu pengetahuan alam maka siswa belajar dirumah dengan parhatian orang tua. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan ialah dengan memakai model pengembangan ADDIE yaitu terdiri dari tahap Analysis (Analisis), Design (perancang), Development (pengembangan) Implementation (implementasi), Evaluation (Evaluasi).Tahap perancangan dilakukan perancangan terhadap perangkat pembelajaran yaitu merancang produk, pengembangan produk, validasi, tahap pengembangan dilakukan uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektivitas, dan tahap penyebaran ini dilakukan di SDN 45/V1 Lubuk Pungguk I. hasil belajar mengajar praktikalitas yang dilakukan peneliti pada lokal kelas IV dengan hasil 95% dikatogorikan sangat praktis, kemudian hasil efektifitas LKPD pembelajaran ilmu pengetahuan alam mendapat skor rata rata 95% dikategorikan sangat efektif. Maka dari hasil yang ada bisa di rincikan bahwa LKPD pelajaran ilmu pengetahuan alam lokalĀ  IV SD begitu bagus dengan hal yang ada di SDN 45/V1 Lubuk Pungguk. Jadi hal ini bisa dirincikan LKPD pembelajaran IPA kelas V dengan kriteria sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...