Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Evaluasi Pelaksanaan Program Pendidikan Gratis Guna Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar di Kecamatan Bacan Timur Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara

Melky Molle (Universitas Halmahera)
Remelia F. Dalensang (Universitas Halmahera)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana konteks, masukan, proses hasil pelaksanaan program pendidikan gratis, guna peningkatan mutu pendidikan dasar di Kecamatan Bacan Timur Kabupaten Halmahera Selatan. Model Evaluasi Program yang digunakan adalah Context, Input, Process, Product (CIPP) menurut Daniel Stufflebeam (1966). Teknik pengumpulan data dengan, observasi, wawancara, dokumen-dokumen pemerintah yang terkait dengan pelaksanaan program pendidikan gratis, dan Fokus Group Diskusi (FGD), 3 stakeholder dn 18 informan lainnya yang terdiri dari kepala dinas pendidikan, sekretaris pendidikan, DPRD Komisi pendidikan, kepala sekolah SMA, SMP dan SD, pengawas sekolah, para guru dan perwakilan masyarakat. Hasil penelitian yang diperoleh adalah bahwa kurang lebih lima tahun sejak 2017-2020, pelaksanaan program pendidikan gratis di kabupaten Halmahera Selatan belum berjalan efektif. Yang menjadi persoalan utama adalah lemahnya kemampuan dan konsekuensi para penyelenggara kebijakan program, baik penyelenggara yang ada di kabupaten, maupun kecamatan serta sekolah dalam rangka mensukseskan pelaksanaan program pendidikan gratis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...