Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Efektivitas Pembelajaran Isi Cerita dengan Menggunakan Media Pop-Up Book Ceri pada Siswa Kelas IV SDN Medaeng 2 Sidoarjo

Any Widyaningrum (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Syamsul Ghufron (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Suharmono Kasiyun (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Pance Mariati (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini ingin mengetahui efektivitas media pop-up book ceri sebagai media pembelajaran untuk menunjangpembelajaran isi cerita pada materi Bahasa Indonesia. Penelitianini adalah terkait pemahaman peserta didik terkait cerita rakyat Indonesia. Pembelajaran yang membuat peserta didik bosan, malas dan tidak tertarik pada pembelajaran isi cerita. Peneliti tertarikingin membuat solusi dengan membuat media pop-up book ceridan menguji Efektivitas Pembelajaran Isi Cerita denganMenggunakan Media Pop-up Book Ceri pada Siswa Kelas IV diSDN Medaeng 2 Sidoarjo. Penelitian menggunakan metodekualitatif deskriptif dengan pengumpulan data yakni observasi, wawancara, dan angket. Menguji Efektivitas media pop-up book ceri dengan melaksanakan proses pembelajaran berkolaborasi dengan guru. peserta didik dibuat kelompok kecil membaca dengan media pop-up book ceri dan menentukan unsur intrinsik dalam cerita. Hasil peserta didik mengisi angket terkait respon peserta didik pada media pop-up book ceri memperoleh rata-rata 84 dengan predikat sangat baik. Menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran isi cerita dengan menggunakan media pop-up bookceri pada siswa kelas IV SDN Medaeng 2 Sidoarjo sangat efektif . Dapat disimpulkan bahwa media pop-up book ceri efektif untuk digunakan pada pembelajaran isi cerita.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...