Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Guru dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V MI. Miftahul Ulum, Pakulonan, Tangerang Selatan

Indri Maya Astuti (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Septy Nurfadhillah (Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Yeni Nuraeni (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa di kelas V, MI. Miftahul Ulum, Pakulonan, Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, Pendekatan kualitatif ini bermaksud memahami fenomena apa yang dialami oleh subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah sebagai pemberi informasi pertama, guru sebagai pemberi informasi kedua yang melaksanakan upaya-upaya dalam membentuk karakter tanggung jawab siswa, dan beberapa orang siswa yang menjadi target dalam upaya guru membentuk karakter tanggung jawab. Teknik dalam pengumpulan data dilakukan dengan beberapa cara, yaitu observasi, instrumen wawancara, dan dokumentasi. Penulis dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, menyajikan dan menarik kesimpulan dari data yang sudah dikumpulkan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya guru dalam meningkatkan karakter tanggung jawab siswa di sekolah adalah melalui kegiatan-kegiatan rutin yang dilaksanakan secara kontinue, serta dengan memberikan tanggung jawab yang dilaksanakan secara bergilir atau bergantian.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...